Teach Tekno

Ayo Belajar Lebih Tentang Teknologi

7 Penelitian Paling Mahal

Teach Tekno - Tak jarang suatu penilitian itu akan membuahkan hasil yang baik.Tetapi dibalik suatu penilitian tersebut, ada dana yang harus dikeluarkan sebesar Puluhan trilliun hingga ribuan trilliun.Angka nominal penilitian tersebut hampir saja mengalahi APBN Indonesia pada tahun 2015 yaitu mencapai sekitar 2000 trilliun rupiah.

Tentu saja, penilitian-penilitian ini banyak dilakukan oleh negara maju.Penilitian tersebut bertujuan untuk menemukan sesuatu yang baru dan yang pastinya bermanfaat bagi manusia dimasa depan kelak.Ingin tahu 7 penilitian paling mahal di dunia?Berikut penelitian dari yang terendah hingga yang tertinggi:

1.Watson

watson ibm
Watson IBM

Watson diciptakan oleh produsen komputer terbesar di dunia, yaitu IBM.Watson ini adalah sebuah komputer super berbekal kecerdasan.Menurut IBM, Watson ini bisa mendiagnosa penyakit yang diderita manusia.

Total dana untuk penelitian komputer super berbekal kecerdasan ini sekitar Rp 23 trilliun lebih.Dan watson ini dijual dipasar dengan harga Rp 39 milliar.

2.Konduktor raksasa super colider


konduktor raksasa
Konduktor raksasa

Super colider adalah bangunan raksasa yang dipakai untuk menembakkan partikel dengan kecepatan super tinggi agar terpecah ke bagian terkecil, lebih kecil dari atom.

Penilitian ini digunakan untuk menemukan partikel tuhan atau Higgs Boson.Dana yang dikeluarkan untuk penelitian ini sekitar Rp 26 trilliun.Sayangnya, penilitian yang dilakukan di Texas, amerika serikat ini telah dihentikan karena dirasa terlalu mahal dan belum bisa menemukan partikel tuhan.

3.Curiosity


curiostiy
Curiosity

Penilitian memang memakan banyak dana, terlebih lagi penelitian pada planet mars.Untuk menjelajah sekaligus meneliti planet mars dibutuhkan sebuah robot, dan robot tersebut adalah bernama "Curiosity".

Untuk mengembangkan dan meneliti robot penjelajah planet mars tersebut memakan dana sekitar Rp 32,5 trilliun.Robot penjelajah planet mars ini berhasil mendarat di planet mars pada tahun 2012 silam.

4.Sakit kanker


kanker serviks
Kanker serviks

Penilitian Sakit kanker ini telah memakan dana di dunia dan jika dijumlahkan dana seluruhnya bertotalkan Rp 63,5 trilliun.Menurut National Cancer Institute, uang sebanyak itu dipakai untuk meneliti obat dan penanganan semua jenis kanker.

5.Large hardon colider


hardon colider
hardon colider

Penilitian ini sama seperti halnya penilitian pada point nomor 2 di artikel ini.Tidak seperti nasib amerika serikat, penilitian ini telah berhasil dibangun oleh manusia.Tujuannya masih tetap sama, yaitu menemukan partikel awal yang ada di setiap benda atau partikel tuhan.

Dengan adanya penilitian ini, para ilmuwan berharap agar bisa mengetahui asal usul terbentuknya alam semesta lewat fenomena "Big Bang" berbekal pengetahuan tentang partikel tuhan.Large hardon colider ini berbentuk seperti cincin magnet dengan keliling 27 kilometer dan terletak di Swiss.

Dana yang dikeluarkan untuk penelitian large hardon colider ini sekitar Rp 129 trilliun.

6.International fusion experiment

IFE
International fusion experiment (IFE)

Penilitian ini berawal dari pemerintah dunia yang bercita-cita menciptakan alat untuk menghasilkan energi listrik yang ramah lingkungan dengan kapasitas besar.Negara yang ikut menyumbangkan dana untuk penelitian tersebut antara lain pemerintah amerika, china, india, jepang, rusia dan korea selatan.

International fusion experiment (IFE) ini akan selesai pada tahun 2020 dan diharapkan akan melipatgandakan enegi 50 megawatt menjadi 500 megawatt.Penelitian ini memakan dana sekitar Rp 166 trilliun.

7.ISS


ISS
International space station (ISS)

Penilitian ini bisa disebut penilitian paling mahal di dunia saat ini.International Space Station atau disingkat ISS dimulai pembangunannya pada tahun 1998 dan selesain pada tahun 2000-an.Para astronot dari amerika dan rusia secara bergantian mengunjungi ISS untuk melakukan penilitian.

Penilitian International Space Station (ISS) ini memakan dana sebesar Rp 1949 trilliun.Angka tersebut mendekati APBN Indonesia tahun 2015 yaitu sekitar Rp 2000 trilliun seperti yang saya tuliskan pada awal paragraf.Dengan harga yang fantasis tersebut, bisa dibilang ISS ini adalah laboratorium paling mahal di dunia saat ini.

7 Penilitian paling mahal tersebut jika ditotalkan bisa mengalahi APBN Indonesia pada tahun 2015.Bukan karena bangsa indonesia tidak bisa meniliti sesuatu, hanya saja dukungan yang kurang dari pihak luar.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "7 Penelitian Paling Mahal"

Terima kasih karena anda telah membaca artikel diatas.Jika anda ingin berkomentar, bacalah peraturan atau kriteria jika ingin berkomentar.

Peraturan ini berlaku bagi anda yang ingin berkomentar:

1.Berkomentarlah sesuai EYD ( Ejaan Yang Disempurnakan),

2.Berkomentarlah menggunakan bahasa sopan, santun dan tidak melecehkan atau mencemarkan nama baik,

3.Berilah kritik atau saran dengan baik dan tidak melecehkan maupun mencacimaki,

4.Memuat kalimat, link, gambar mengenai pornografi, perjudian, pelecehan, dan yang dilanggar oleh pemerintah Indonesia,

5.Melakukan spamming dalam berkomentar.

Hal yang dibolehkan untuk berkomentar:

1.Promosi website, produk dan lain sebagainya berupa kalimat dan lain sebagainya asalkan tidak mengenai point no.4 pada kriteria berkomentar,

2.Boleh berkomentar diluar topik artikel atau konten tersebut.

Terima kasih jika anda telah membaca dan melakukan kriteria peraturan untuk berkomentar.

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © 2015 Teach Tekno - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top