Teach Tekno

Ayo Belajar Lebih Tentang Teknologi

Tips Menghemat Baterai Tablet Windows 8

Teach Tekno - Tips menghemat baterai tablet windows 8 sangat menarik untuk dipelajari untuk anda.Windows tidak hanya digunakan pada OS Desktop/PC, tapi digunakan juga pada OS Smartphone.

Advan, Hp, Acer, Lenovo, Toshiba dan brand produk gadget lainnya juga sudah menggunakan OS Windows pada brand produk tsb.Tentu saja dijual dengan harga yang terjangkau.Tetapi kita akan membahas tips-tips seputar menghemat baterai tablet windows, berikut tips menghemat baterai tablet windows 8:

1.Mengatur kecerahan pada layar

kecerahan layar
Brightness

Tips pertama menghemat baterai tablet windows 8 adalah dengan cara mengatur kecerahan pada layar.Hampir 25% baterai anda terkuras hanya demi kecerahan/brightness pada layar.Untuk itu, agar baterai tahan lama aturlah kecerahan layar.

Penting juga mengatur kecerahaan pada layar sesuai daya penglihatan mata anda.Jika kecerahan layar terlalu tinggi seperti diatas 90% akan mengakibatkan mata anda cepat lelah/iritasi sehingga selain berdampak pada daya energi baterai juga berdampak pada kesehatan.Tetapi gunakanlah kecerahan diantara berkisar 50% - 80% agar tidak merusak mata juga jika sedang membaca suatu artikel atau lain sebagainya pada tablet windows.

Atur pula kecerahan mati agar ada pada posisi off. Caranya adalah dengan masuk ke bagian Settings, pilih "Change PC settings", selanjutanya pilih "PC and Devices", dan selanjutnya pilih "Display".Nanti ada pilihan Adjust my screen brightness automatically. Pilihalah untuk menonaktifkan bagian ini.


2.Nonaktifkan konektivitas bluetooth


konektivitas bluetooth
Bluetooth

Bluetooth menjadi fitur utama dalam suatu gadget.Bluetooth berperan untuk men-transfer suatu file/data ke device lain.Tetapi, bluetooth akan menguras beberapa persen sesuai lama penggunannya.Adakalanya suatu tablet/gadget sering aktif secara default.

Agar menghemat baterai anda, anda dapat menonaktifkan konektivitas bluetooth jika tidak diperlukan.Anda dapat melakukannya dengan swipe ke kanan atau tekan tombol Windows diikuti C, kemudian pilih Settings dan dan pilih Change PC Setting.Arahkan ke PC and Devices, kemudian menuju ke Bluetooth, dan Anda bisa mematikan fitur Bluetooth di sini. Anda dapat mengaktifkannya kembali dengan mudah di lokasi ini juga.

3.Gunakan mode pesawat / airplane mode


Mode airplane
Airplane mode

Fitur ini juga menjadi fitur default dalam suatu gadget seperti point no.2.Fitur ini berfungsi sebagai menghemat baterai tablet/gadget windows anda dengan cara menonaktifkan dengan cepat semua konektivitas jaringan, bluetooth, dan Wi-Fi .

Fitur airplane mode ini sebaiknya anda lakukan disaat anda tidak menggunakan tablet agar lebih menghemat baterai.Untuk dapat menggunakan fitur Airplane Mode, tap ikon Wireless dan aktifkan Airplane Mode. Anda juga bisa membuka bar, tap Settings, dan tap ikon WiFi untuk mengakses menu Airplane Mode.

4.Nonaktifkan Update Aplikasi Otomatis / Automatic Apps Update


otomatis update aplikasi
App updates

Fitur ini juga tidak hanya berlaku pada OS Windows, pada android pun juga disediakan.Jika anda sering mengupdate aplikasi secara manual, sebaiknya nonaktifkan/matikan fitur tsb agar lebih menghemat baterai tablet windows anda.

Untuk mengunjunginya, buka Windows Store, kemudian swipe ke kanan atau tekan tombol Windows dan C, arahkan ke Settings dan pilih App Updates. Setelah itu, update akan bisa Anda lakukan sesuka hati Anda.
5.Manfaatkanlah Power Plan


Power plan
Power plan

Power plan ini berfungsi mengubah pengaturan default dari balanced ke power saver.Opsi power saver ini berfungsi untuk meminimalisir terkurasnya daya baterai.Pada power plan terdapat 3 opsi yang telah disediakan, diantaranya balanced, power saver, dan high perfomance.Opsi Balanced ini berfungsi mengimbangi performa sistem dengan konsumsi daya baterai.Opsi Power saver berfungsi memaksimalkan konsumsi daya baterai agar baterai tidak cepat habis dan performa sistem pun tidak akan turun drastis.Dan opsi high perfomance sangat tidak disarankan pada artikel ini, karena opsi high perfomance lebih memaksimalkan performa sistem dibandingkan konsumsi daya baterai.

Dan itulah beberapa tips menghemat baterai tablet windows 8 yang telah kita bahas agar tablet windows 8 lebih lama digunakan.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Menghemat Baterai Tablet Windows 8"

Terima kasih karena anda telah membaca artikel diatas.Jika anda ingin berkomentar, bacalah peraturan atau kriteria jika ingin berkomentar.

Peraturan ini berlaku bagi anda yang ingin berkomentar:

1.Berkomentarlah sesuai EYD ( Ejaan Yang Disempurnakan),

2.Berkomentarlah menggunakan bahasa sopan, santun dan tidak melecehkan atau mencemarkan nama baik,

3.Berilah kritik atau saran dengan baik dan tidak melecehkan maupun mencacimaki,

4.Memuat kalimat, link, gambar mengenai pornografi, perjudian, pelecehan, dan yang dilanggar oleh pemerintah Indonesia,

5.Melakukan spamming dalam berkomentar.

Hal yang dibolehkan untuk berkomentar:

1.Promosi website, produk dan lain sebagainya berupa kalimat dan lain sebagainya asalkan tidak mengenai point no.4 pada kriteria berkomentar,

2.Boleh berkomentar diluar topik artikel atau konten tersebut.

Terima kasih jika anda telah membaca dan melakukan kriteria peraturan untuk berkomentar.

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © 2015 Teach Tekno - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top