Teach Tekno

Ayo Belajar Lebih Tentang Teknologi

13 Tips Sebelum Memilih Layanan Hosting

tips sebelum memilih layanan hosting

Teach Tekno - Memilih penyedia hosting di indonesia memang merupakan hal yang perlu dilakukan dengan hati-hati karena menyangkut kelangsungan hidup situs. Apalagi dengan banyaknya penyedia web hosting Indonesia saat ini. Hal tersebut membuat daftar pilihan pengguna semakin panjang dan mempersulit pemilihan. Namun di lain pihak, pengguna juga memiliki keleluasaan untuk menentukan pilihan atas penyedia hosting yang pengguna inginkan.

Agar pengguna lebih hati-hati dalam memilih layanan hosting sebelum membangun sebuah situs. Simak selengkapnya 13 tips sebelum memilih layanan hosting berikut ini:

Support penyedia layanan hosting

Support merupakan hal yang terpenting dari sebuah layanan hosting terutama hosting di Indonesia. Sebab apabila support susah dihubungi, respon lambat,dll akan menyulitkan pengguna bila sedang menghadapi masalah.

Bayangkan saja jika website pengguna sudah dibangun dengan susah payah dan sudah memiliki pengunjung yang sangat banyak, ternyata baru saat itu supportnya tidak benar.

Perhatikan jenis layanan yang diberikan

Hal ini sangat penting karena umumnya service yang diberikan akan sangat bervariasi.Jangan sampai terjadi hal yang konyol, dimana kita butuh PHP malah hosting yang hanya provide ASP.Nah, beberapa parameter penting dalam service yang diberikan antara lain :

  1. Support bahasa pemrograman (PHP, ASP,dll)
  2. Database yang disediakan (MySQL, PostGRESQL, dll)
  3. Ketersediaan layanan E-mail
  4. Ukuran space hardisk
  5. Bandwidth
  6. Parking domain 
  7. sub domain
  8. Installer aplikasi, mis fantastico atau softaculous (untuk memudahkan instalasi aplikasi)
  9. Pilihlah web hosting indonesia yang mempunyai lokasi kantor tetap dan berbadan hukum
Jika perlu datang langsung ke lokasi untuk mengetahui keberadaannya atau minimal lakukan kontak dengan supportnya dan tanyakan lokasi kantor tetapnya.

Lihat dan cek pengalaman perusahaan tersebut dalam mengelola hosting


Semakin berpengalaman sebuah perusahaan penyedia layanan hosting, maka pada umumnya supportnya semakin baik. Namun hal ini ada juga sisi negatifnya yaitu semakin laku sebuah penyedia jasa hosting indonesia, maka semakin banyak pengguna dalam sebuah servernya. Hal ini tentu saja akan berakibat pada makin tingginya trafik yang masuk dan berdampak pada lambatnya respon server.

Gunakan whois.net untuk melihat sudah berapa lama domain provider hosting tersebut beroperasi.

Cek spesifikasi server, stabilitas server dan koneksi server yang digunakan

Pilihlah penyedia hosting Indonesia yang menyediakan lokasi server yang bervariasi. Pemilihan lokasi server harus memperhatikan target pengunjung yang akan pengguna tuju. Jika pengguna menargetkan pengunjung dari Indonesia, sebaiknya pilihlah lokasi server di Indonesia. Hal ini akan mempengaruhi kecepatan akses/loading ke website.

Cek kepemilikan domain klien, apakah atas nama klien atau atas nama webhosting bersangkutan

Hal ini perlu juga untuk memberikan keleluasaan klien dalam memanage domainnya sendiri.Atau jika menggunakan nama web hosting Indonesia yang bersangkutan, maka pastikan mereka bersedia mengubah menjadi nama anda.Dan lakukan penggantian nama dan password segera setelah hosting anda siap.

Backup

Back up merupakan hal yang penting untuk memastikan bahwa data-data si pengguna terjaga dengan aman, sebab seringkali data-data si pengguna hilang karena salah delete, atau karena masalah lainnya. Cek jadwal back up hosting anda, dan jangan lupa lakukan back up pengguna tersendiri.

Program promo

Program promo juga termasuk hal yang penting. Dengan adanya program promo, maka pengguna bisa menghemat biaya. Namun perlu diperhatikan, sebaiknya jangan menggunakan penyedia hosting Indonesia yang terlalu sering memberikan promo. Bisa jadi harga aslinya lebih mahal.

Pastikan bebas masalah

Lakukan Googling untuk mencari problem yang pernah dialami oleh penyedia hosting yang pengguna pilih. Gunakan kata kunci "nama_penyedia_hosting masalah". Cara lain adalah dengan melakukan pengecekan ke forum yang disediakan penyedia hosting di Indonesia tersebut. Jika banyak komplain maka pengguna peru cek ulang layanan hosting tersebut, apakah sudah benar. Perhatikan juga cara mereka dalam menyelesaikan masalah.

Bandingkan paket-paket yang disediakan

Memang proses membandingkan ini cukup menyebalkan, tetapi perlu dilakukan. Pertama bandingkan dulu space dan bandwidthnya dan kalau perlu di konversi ke satuan yang sama, karena masing-masing penyedia layanan hosting Indonesia tersebut pasti memiliki paket yang berlainan. Setelah ini bandingkanlah servicenya.

Sesuaikan harga dengan budget

Pilih paket yang sesuai dengan kantong pengguna. Pilihlah web hosting yang menyediakan paket bervariasi dan kalau perlu paket murah sebagai awal karir si pengguna di dunia web, cari yang menyediakan paket murah tetapi tetap terjaga kemurniannya.

Pembayaran

Pilih yang menyediakan pembayaran melalui berbagai bank terutama bank-bank besar seperti BCA & Mandiri serta kalau ada pelayanan online seperti Paypal. Jangan lupa bahwa akan lebih baik jika support lewat bank yang pengguna miliki atau kalau tidak pastikan mereka memiliki prosedur untuk menerima pembayaran dari bank lain.

Cek testimonial penyedia layanan hosting

Testimonial merupakan sebagai kepuasaan dan kekecewaan seorang klien. Testimonial itu penting karena testimonial memberikan/menganggap si pengguna akan percaya kepada penyedia layanan hosting yang dipilihnya. Walaupun berat sebelah dan cenderung hanya menampilkan testi yang positif, paling tidak dari testimonial anda bisa melihat seberapa puas pelanggan hosting tersebut.

Baik, itulah 13 tips sebelum memilih layanan hosting bagi pengguna yang ingin membeli hosting dengan aman dan nyaman. Perlu diingat juga, setiap layanan hosting pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, entah itu server down atau lain sebagainya.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "13 Tips Sebelum Memilih Layanan Hosting"

Terima kasih karena anda telah membaca artikel diatas.Jika anda ingin berkomentar, bacalah peraturan atau kriteria jika ingin berkomentar.

Peraturan ini berlaku bagi anda yang ingin berkomentar:

1.Berkomentarlah sesuai EYD ( Ejaan Yang Disempurnakan),

2.Berkomentarlah menggunakan bahasa sopan, santun dan tidak melecehkan atau mencemarkan nama baik,

3.Berilah kritik atau saran dengan baik dan tidak melecehkan maupun mencacimaki,

4.Memuat kalimat, link, gambar mengenai pornografi, perjudian, pelecehan, dan yang dilanggar oleh pemerintah Indonesia,

5.Melakukan spamming dalam berkomentar.

Hal yang dibolehkan untuk berkomentar:

1.Promosi website, produk dan lain sebagainya berupa kalimat dan lain sebagainya asalkan tidak mengenai point no.4 pada kriteria berkomentar,

2.Boleh berkomentar diluar topik artikel atau konten tersebut.

Terima kasih jika anda telah membaca dan melakukan kriteria peraturan untuk berkomentar.

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © 2015 Teach Tekno - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top