Teach Tekno

Ayo Belajar Lebih Tentang Teknologi

Tips Menghentikan Kecanduan Pada Smartphone

Teach Tekno - Smartphone menjadi alat utama yang harus dibawa kemana-mana pada era modern ini.Entah itu anak-anak, remaja, maupun orang tua akan membutuhkan alat yang berguna demi pekerjaannya seperti halnya smartphone atau ponsel cerdas.Kecanduan adalah salah satu kesalahan pada penggunaan smartphone.

Smartphone kini telah memikat para hati netizen.Dibalik hal tersebut, ada beberapa dampak negatif dari ketergantungan / kecanduan pada smartphone.Adakalanya dimana kita harus menutup sebentar smartphone / gadget kita agar bisa berinteraksi langsung dengan orang sekitar.

Nah, untuk mengurangi/menghentikan kecanduan pada smartphone Teach Tekno mendapatkan beberapa tips untuk menghentikan kecanduan pada smartphone.Berikut tips menghentikan kecanduan pada smartphone yang teach tekno rangkum dari beberapa situs:

1.Agendakan jam bebas smartphone


lock screen
Smartphone lock screen

Selain mengatur agenda kegiatan sehari-hari, masukkanlah agendakan jam bebas smartphone kedalam agenda kegiatan sehari-hari.Cara ini cukup ampuh menghentikan kecanduan pada smartphone.

Cara ini juga dapat menghemat daya baterai anda sehingga tidak menguras biaya selebih-lebih jika mengaktifkan airplane mode pada smartphone.Gunakanlah smartphone dengan tepat.

2.Matikan notifikasi aplikasi pada smartphone


notifikasi aplikasi pada smartphone
Smartphone notifikasi

Suara notifikasi aplikasi seringkali menggoda anda untuk memegang smartphone berjam-jam tanpa sadar. Sebaiknya matikan notifikasi aplikasi pada smartphone anda seperti aplikasi game, media sosial, maupun aplikasi chatting. Game memang dibuat untuk menghilangkan rasa bosan, tetapi ada baiknya untuk mematikan notifikasi aplikasi berpengaruh ini agar tidak terlalu ketergantungan pada smartphone.

3.Perbanyaklah aktivitas bermanfaat seperti berolahraga


2 orang sedang berlari
Berolahraga

Memperbanyak aktivitas bermanfaat dapat membuat anda lupa akan smartphone.Itu akan berdampak positif untuk mengurangi kecanduan pada smartphone.Salah satu aktivitas bermanfaat itu adalah berolahraga.Olahraga adalah salah satu aktivitas bermanfaat yang dapat menyehatkan tubuh anda, selebih lagi jika tidak membawa smartphone saat berolahraga.

4.Sering-seringlah berinteraksi secara langsung dengan orang sekitar


pembicaraan sederhana
Pembicaraan

Berbicara atau sekedar basa basi dengan seseorang termasuk berinteraksi secara langsung.Hal ini dapat dilakukan dengan sanak saudara maupun orang tua.Tetapi jangan salah dijabarkan, berinteraksi secara langsung dan tidak langsung jauh berbeda.Jika sering melakukan berinteraksi secara langsung sama saja tidak menghindari kecanduan pada smartphone.Karena berinteraksi secara tidak langsung itu seperti halnya chatting di medsos maupun saling mengirim e-mail, selebih-lebih jika semua itu dilakukan pada smartphone.

5.Isilah smartphone dengan aplikasi sederhana

Mungkin penyebab kecanduan pada smartphone dikarenakan aplikasi-aplikasi yang menyebabkan tidak bisa terhindar dari smartphone.Aplikasi tersebut contohnya adalah game maupun media sosial.Isilah smartphone anda dengan aplikasi sederhana tetapi tetap bermanfaat.Cara ini agar menghentikan kecanduan pada smartphone.

Tips menghentikan kecanduan pada smartphone ini semoga bermanfaat bagi siapa saja yang ingin hidup lebih baik.Ingatlah, teknologi dapat berdampak positif dan mengurangi dampak negatif jika digunakan secara bijak.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Menghentikan Kecanduan Pada Smartphone"

Terima kasih karena anda telah membaca artikel diatas.Jika anda ingin berkomentar, bacalah peraturan atau kriteria jika ingin berkomentar.

Peraturan ini berlaku bagi anda yang ingin berkomentar:

1.Berkomentarlah sesuai EYD ( Ejaan Yang Disempurnakan),

2.Berkomentarlah menggunakan bahasa sopan, santun dan tidak melecehkan atau mencemarkan nama baik,

3.Berilah kritik atau saran dengan baik dan tidak melecehkan maupun mencacimaki,

4.Memuat kalimat, link, gambar mengenai pornografi, perjudian, pelecehan, dan yang dilanggar oleh pemerintah Indonesia,

5.Melakukan spamming dalam berkomentar.

Hal yang dibolehkan untuk berkomentar:

1.Promosi website, produk dan lain sebagainya berupa kalimat dan lain sebagainya asalkan tidak mengenai point no.4 pada kriteria berkomentar,

2.Boleh berkomentar diluar topik artikel atau konten tersebut.

Terima kasih jika anda telah membaca dan melakukan kriteria peraturan untuk berkomentar.

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © 2015 Teach Tekno - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top